Minggu, 20 November 2016

Rumus rubik 4x4

Hi, kembali lagi saya mempostingkan tentang rubik, sebelumnya saya telah mempostingkan tentang Rubik 2x2x2 dan juga Rubik 3x3x3, nah kali ini saya membahas tentang cara menyelesaikan Rubik 4x4x4, berikut penjelasannya.
Pada dasarnya dalam meyelesaikan rubik 4x4x4 terdapat 4 langkah dasar, yaitu:
1. Menjadikan bagian tengah rubik
2. Membuat tepi rubik menjadi benar
3. Menjadikan rubik dengan menganggapnya sebagai rubik 3x3x3
4. Koreksi terhadap kesalahan [jika ada] 
 Penjelasannya adalah sebagai berikut: 

1. Menjadikan Bagian Tengah Rubik

Langkah pertama dalam menjadikan rubik 4x4x4 adalah menjadikan bagian tengah terlebih dahulu. Bagian tengah rubik ini tersusun atas 4 kotak.
Centre Pieces of Rubiks
Bagian Tengah

Namun, terdapat sedikit catatan dalam menjadikan bagian tengah rubik, yaitu tentang posisi warna. Dalam rubik 4x4x4, tidak seperti pada rubik 3x3x3 yang bagian tengahnya akan selalu berada dalam keadaan yang tidak mungkin salah, rubik 4x4x4 terdapat aturan tersendiri agar posisinya tidak salah. Aturan tersebut antara lain:

a. Pasangan warna yang bertolak belakang/berkebalikan (bagian depan dengan bagian belakang) HARUS benar, yaitu (jika menganut rubik dengan warna standar) Merah dengan Orange, Biru dengan Hijau dan Kuning dengan Putih. Jika tidak maka rubiks tidak mungkin bisa jadi keenam warnanya.
b. Posisi warna HARUS tepat. Hal ini sebenarnya dapat diatasi kemudian jika terdapat kesalahan, namun hal tersebut akan buang-buang waktu saja. Apa salahnya jika sejak tahap developing bagian tengah rubik, kita sekaligus menempatkan pada posisi yang benar, maka kita dapat menghemat waktu. Misalnya saja saya menggunakan aturan merah-putih-hijau, artinya jika bagian atas merah, maka bagian depan adalah putih dan bagian kanannya adalah hijau (seperti yang terlihat pada gambar rubik diatas). Hal ini tidak harus terpaku untuk menjadikan warna tersebut, namun dapat dimulai dengan warna yang lain tetapi tetap berpegang pada pedoman tersebut (dengan melihat warna kebalikannya)
Cara untuk menjadikan bagian tengah rubik sebenarnya hanya terdapat 1 algoritma dasar, namun bisa dikembangkan sendiri. Disini hanya diberikan algoritma dasar saja. Hal ini lebih efektif daripada memberikan banyak sekali rumus dan algoritma-algoritma dengan berbagai kondisi yang akan membuat semakin bingung saja. Tetapi hanya cukup algoritma dasar saja, dengan sedikit menggunakan logika, sudah cukup menyelesaikan dalam kondisi apapun.

Coba diresapi, maka kunci dari step ini akan ditemukan.

2. Menjadikan Tepi Rubik Menjadi Benar

Benar disini adalah tepi rubik yang berjumlah 2 kotak bersebelahan mempunyai komposisi warna yang sama persis. Pembuatan warna yang sama ini agar rubik dapat dikondisikan seperti pada rubik 3x3x3. Namun, kondisinya boleh keacak seperti gambar berikut.
Tepi Rubik Benar

Sama seperti step pertama, dalam step ini juga mempunyai konsep dasar dalam menjadikan tepi rubik menjadi benar posisinya, yaitu sebagai berikut.

Inti dari langkah tersebut adalah menggabungkan potongan-potongan tepi kemudian ditukarkan dengan pasangan yang belum jadi. Pasangan yang belum jadi tidak harus berada pada posisi tersebut (pada gambar diatas), melainkan bisa pada pada lingkaran oranye yang lain, yang intinya sebagai penukar pasangan yang baru saja dijadikan tersebut. Misalnya pada kondisi seperti pada gambar diatas maka algoritmanya adalah
u' R U' R' u

Silakan dicoba sendiri, dan tangkap apa yang terjadi. Paham kan? Lakukan hal tersebut sampai tersisa 2 pasangan yang belum jadi. Jika sedang beruntung terkadang malah sudah jadi semua. Namun, jika masih ada 2 pasang, maka kondisikan menjadi keadaan berikut.
d R F' U R' F d

Dengan langkah terakhir tersebut maka rubik sudah benar kesemua tepinya. Selanjutnya adalah step ketiga.

3. Menjadikan Rubik Dengan Menganggapnya Sebagai Rubik 3x3x3


Setelah tepi dan tengah rubik dalam keadaan benar, maka rubik tersebut dapat dianggap sebagai rubik 3x3x3.
anggap sebagai rubik 3x3x3

Empat kotak rubik 4x4x4 dianggap sebagai bagian tengah rubik 3x3x3 dan 2 bagian tepi rubik 4x4x4 dianggap sebagai tepi rubik 3x3x3. Selanjutnya, cara untuk menjadikannya adalah seperti pada rubik 3x3x3.

Jika sedang beruntung, maka pada step ini rubik 4x4x4 sudah jadi. Namun, tekadang ada kondisi baru yang tidak ditemui pada rubik 3x3x3. Jika hal itu muncul, maka step keempat berikut merupakan solusinya.

4. Koreksi Terhadap Kesalahan.

Kondisi yang hanya terjadi pada rubiks 4x4x4 dan tidak mungkin ada pada rubiks 3x3x3 adalah sebagai berikut.
Cara menyelesaikan rubiks 4x4x4 yang mempunyai kondisi tersebut adalah:
r2 B2 U2 l U2 r' U2 r U2 F2 r F2 l' B2 r2
Namun algoritma tersebut hanya membuat rubiks terhindar dari kondisi tersebut. Alhasil rubiks kembali menjadi tidak beraturan karena kedua pojoknya menjadi tertukar, dan harus mengulang lagi langkah-langkah penyelesaian dari rubiks 3x3x3.
Untuk sementara yang saya ketahui adalah rumus yang tidak praktis tersebut.
semoga bermanfaat. :)

1 komentar:

  1. merkur 23c merkur 23c joker roulette - Online Casino
    The official website 메리트 카지노 고객센터 of Merkur; reviews, complaints, games, complaints, bonus worrione codes, promotions, promotions, 샌즈카지노 special offers and more.

    BalasHapus