Hi, kembali lagi
saya mempostingkan tentang rubik, sebelumnya saya telah mempostingkan tentang Rubik 2x2x2 dan juga Rubik 3x3x3, nah kali ini saya membahas tentang cara menyelesaikan Rubik 4x4x4,
berikut penjelasannya.
1. Menjadikan Bagian Tengah Rubik
Langkah pertama dalam menjadikan rubik 4x4x4 adalah menjadikan bagian tengah terlebih dahulu. Bagian tengah rubik ini tersusun atas 4 kotak.
Pada dasarnya
dalam meyelesaikan rubik 4x4x4 terdapat 4 langkah dasar, yaitu:
1. Menjadikan bagian tengah rubik
2. Membuat tepi rubik menjadi benar
3. Menjadikan rubik dengan menganggapnya sebagai rubik 3x3x3
4. Koreksi terhadap kesalahan [jika ada]
1. Menjadikan bagian tengah rubik
2. Membuat tepi rubik menjadi benar
3. Menjadikan rubik dengan menganggapnya sebagai rubik 3x3x3
4. Koreksi terhadap kesalahan [jika ada]
Penjelasannya
adalah sebagai berikut:
1. Menjadikan Bagian Tengah Rubik
Langkah pertama dalam menjadikan rubik 4x4x4 adalah menjadikan bagian tengah terlebih dahulu. Bagian tengah rubik ini tersusun atas 4 kotak.
Bagian Tengah |
Namun, terdapat
sedikit catatan dalam menjadikan bagian tengah rubik, yaitu tentang posisi
warna. Dalam rubik 4x4x4, tidak seperti pada rubik 3x3x3 yang bagian tengahnya
akan selalu berada dalam keadaan yang tidak mungkin salah, rubik 4x4x4 terdapat
aturan tersendiri agar posisinya tidak salah. Aturan tersebut antara lain:
a. Pasangan warna
yang bertolak belakang/berkebalikan (bagian depan dengan bagian belakang) HARUS
benar, yaitu (jika menganut rubik dengan warna standar) Merah dengan Orange, Biru dengan Hijau dan Kuning dengan Putih.
Jika tidak maka rubiks tidak mungkin bisa jadi keenam warnanya.
b. Posisi warna
HARUS tepat. Hal ini sebenarnya dapat diatasi kemudian jika terdapat kesalahan,
namun hal tersebut akan buang-buang waktu saja. Apa salahnya jika sejak tahap
developing bagian tengah rubik, kita sekaligus menempatkan pada posisi yang
benar, maka kita dapat menghemat waktu. Misalnya saja saya menggunakan
aturan merah-putih-hijau, artinya jika bagian atas merah, maka bagian
depan adalah putih dan bagian kanannya adalah hijau (seperti yang terlihat pada
gambar rubik diatas). Hal ini tidak harus terpaku untuk menjadikan warna
tersebut, namun dapat dimulai dengan warna yang lain tetapi tetap berpegang
pada pedoman tersebut (dengan melihat warna kebalikannya)
Cara untuk
menjadikan bagian tengah rubik sebenarnya hanya terdapat 1 algoritma dasar, namun
bisa dikembangkan sendiri. Disini hanya diberikan algoritma dasar saja. Hal ini
lebih efektif daripada memberikan banyak sekali rumus dan algoritma-algoritma
dengan berbagai kondisi yang akan membuat semakin bingung saja. Tetapi hanya
cukup algoritma dasar saja, dengan sedikit menggunakan logika, sudah cukup
menyelesaikan dalam kondisi apapun.
Coba diresapi,
maka kunci dari step ini akan ditemukan.
2. Menjadikan Tepi Rubik Menjadi Benar
Benar disini adalah tepi rubik yang berjumlah 2 kotak bersebelahan mempunyai komposisi warna yang sama persis. Pembuatan warna yang sama ini agar rubik dapat dikondisikan seperti pada rubik 3x3x3. Namun, kondisinya boleh keacak seperti gambar berikut.
2. Menjadikan Tepi Rubik Menjadi Benar
Benar disini adalah tepi rubik yang berjumlah 2 kotak bersebelahan mempunyai komposisi warna yang sama persis. Pembuatan warna yang sama ini agar rubik dapat dikondisikan seperti pada rubik 3x3x3. Namun, kondisinya boleh keacak seperti gambar berikut.
Tepi Rubik Benar |
Sama seperti step
pertama, dalam step ini juga mempunyai konsep dasar dalam menjadikan
tepi rubik menjadi benar posisinya, yaitu sebagai berikut.
Inti dari langkah
tersebut adalah menggabungkan potongan-potongan tepi kemudian ditukarkan dengan
pasangan yang belum jadi. Pasangan yang belum jadi tidak harus berada pada posisi
tersebut (pada gambar diatas), melainkan bisa pada pada lingkaran oranye yang
lain, yang intinya sebagai penukar pasangan yang baru saja dijadikan tersebut.
Misalnya pada kondisi seperti pada gambar diatas maka algoritmanya adalah
u' R U' R' u
Silakan dicoba sendiri, dan tangkap apa yang terjadi. Paham kan? Lakukan hal tersebut sampai tersisa 2 pasangan yang belum jadi. Jika sedang beruntung terkadang malah sudah jadi semua. Namun, jika masih ada 2 pasang, maka kondisikan menjadi keadaan berikut.
d R F' U R' F d |
Dengan langkah
terakhir tersebut maka rubik sudah benar kesemua tepinya. Selanjutnya adalah
step ketiga.
3. Menjadikan Rubik Dengan Menganggapnya Sebagai Rubik 3x3x3
Setelah tepi dan tengah rubik dalam keadaan benar, maka rubik tersebut dapat dianggap sebagai rubik 3x3x3.
3. Menjadikan Rubik Dengan Menganggapnya Sebagai Rubik 3x3x3
Setelah tepi dan tengah rubik dalam keadaan benar, maka rubik tersebut dapat dianggap sebagai rubik 3x3x3.
anggap sebagai rubik 3x3x3 |
Empat kotak rubik
4x4x4 dianggap sebagai bagian tengah rubik 3x3x3 dan 2 bagian tepi rubik 4x4x4
dianggap sebagai tepi rubik 3x3x3. Selanjutnya, cara untuk menjadikannya adalah
seperti pada rubik 3x3x3.
Jika sedang
beruntung, maka pada step ini rubik 4x4x4 sudah jadi. Namun, tekadang ada
kondisi baru yang tidak ditemui pada rubik 3x3x3. Jika hal itu muncul, maka
step keempat berikut merupakan solusinya.
4. Koreksi
Terhadap Kesalahan.
Kondisi yang hanya terjadi pada rubiks 4x4x4 dan tidak mungkin ada pada rubiks
3x3x3 adalah sebagai berikut.
Cara menyelesaikan
rubiks 4x4x4 yang mempunyai kondisi tersebut adalah:
r2 B2 U2 l U2 r'
U2 r U2 F2 r F2 l' B2 r2
Namun algoritma
tersebut hanya membuat rubiks terhindar dari kondisi tersebut. Alhasil rubiks
kembali menjadi tidak beraturan karena kedua pojoknya menjadi tertukar, dan
harus mengulang lagi langkah-langkah penyelesaian dari rubiks 3x3x3.
Untuk sementara
yang saya ketahui adalah rumus yang tidak praktis tersebut.
semoga bermanfaat.
:)
merkur 23c merkur 23c joker roulette - Online Casino
BalasHapusThe official website 메리트 카지노 고객센터 of Merkur; reviews, complaints, games, complaints, bonus worrione codes, promotions, promotions, 샌즈카지노 special offers and more.